Pages

Selasa, 18 April 2017

Konsep Baseball dalam Fisika





Hokum 1 newton diterapkan saat pemukul bola basebaall


Dalam pertandingan baseball atau softball seperti Major League Baseball di Amerika Serikat, waktu paling menegangkan adalah ketika seorang pelempar mengambil ancang-ancang untuk melempar bola sekeras-kerasnya yang ditujukan kepada pemukul. Sementara itu, pemukul juga bersiap-siap untuk memukul bola yang dilemparkan. Lemparan bola yang dilemparkan oleh pelempar segera dipukul oleh pemukul sehingga ia akan membuat home run (bola melambung di luar jangkauan tangkapan pemain yang menangkap) dan kemudian ia berlari cepat menuju base pertama.
            Pada waktu pemukul berlari, ia harus mengerahkan banyak energi untuk mulai berlari dari keadaan diam dibandingkan untuk terus berlari tatkala ia memang sedang berlari. Mengapa demikian?
           


         Permasalahan ini ada hubungannya dengan hukum I Newton tentang kelembaman. Dalam posisi diam, pelari harus mengerahkan gaya otot yang lebih besar untuk mengubah dari kondisi diam menjadi bergerak. Ketika pelari telah bergerak, maka ia cenderung akan senantiasa terus bergerak hingga ia tidak perlu mengerahkan lagi gaya otot untuk mempertahankan kecepatan larinya.

0 komentar:

Posting Komentar